You are here: Home Artikel Tips Memilih Oli Mesin Sesuai Kebutuhan

Tips Memilih Oli Mesin Sesuai Kebutuhan

Tahukah Anda, memilih oli mesin yang tepat dapat memperpanjang usia mesin mobil? Mesin pada setiap mobil memiliki spesifikasi yang berbeda-beda, hal ini tentu membutuhkan cara perawatan yang tidak sama. Salah satu yang patut mendapatkan perhatian lebih adalah pemilihan oli mesin yang tepat. Memang, memilih oli mesin secara sembarangan tak akan memberi dampak secara langsung. Namun, dampak yang ditimbulkannya akan muncul dalam jangka panjang. Nah, daripada mesin mobil lebih cepat mengalami kerusakan lebih baik Anda jaga dan rawat mesin mobil Anda agar tetap awet dan tahan lama.

Satu hal yang harus diingat oleh setiap pemilik mobil adalah oli mesin harus selalu diganti tepat waktu. Hal ini memerlukan ketelitian dari seorang pemilik mobil. Karena jika oli mesin tidak diganti pada waktu yang tepat hal tersebut akan berakibat cukup fatal bagi kondisi mesin mobil. Terlebih akhir-akhir ini cukup banyak jenis oli mobil baru yang beredar di pasaran. Hal ini tentu cukup membingungkan para pemilik mobil. Yang perlu Anda catat adalah oli mobil mahal belum tentu baik dan cocok untuk mobil Anda. Pilihlah oli mobil sesuai dengan kebutuhan mobil Anda agar memberi dampak yang optimal bagi performa mobil.

Bagi kebanyakan orang, fungsi oli mungkin terbatas hanya sebagai pelumas mesin. Padahal, oli masih memiliki fungsi lain yang tak kalah penting dari hal tersebut. Selain sebagai pelumas, oli juga memiliki fungsi sebagai pendingin, anti karat, dan juga sebagai penutup celah pada dinding mesin. Dengan adanya oli mesin maka gesekan antar komponen yang terdapat di bawah kap mesin menjadi lebih halus dan tidak akan menimbulkan kerusakan satu sama lain. Selain itu, suhu mesin juga menjadi lebih stabil dan ideal.

Tips Memilih Oli Sesuai Kebutuhan



Pilih Bahan Mineral atau Sintetis?

Oli mesin dapat dibedakan menjadi dua jenis sesuai dengan bahan pembuatnya, yakni oli mineral dan oli sintetis. Oli mineral ialah oli yang terbuat dari bahan dasar mineral. Mineral ini diekstrak dari minyak bumi yang memiliki molekul alami dan sangat baik untuk merawat kondisi mesin. Sedangkan oli sintetis adalah oli yang dibuat dari bahan-bahan kimia yang memiliki sifat aditif. Keunggulan dari oli sintetis adalah kemampuannya dalam mengatasi perubahan suhu. Hal ini sangat baik karena dapat melumasi mesin dengan sempurna dalam kondisi apapun.Oli mesin dapat dibedakan menjadi dua jenis sesuai dengan bahan pembuatnya, yakni oli mineral dan oli sintetis. Oli mineral ialah oli yang terbuat dari bahan dasar mineral. Mineral ini diekstrak dari minyak bumi yang memiliki molekul alami dan sangat baik untuk merawat kondisi mesin. Sedangkan oli sintetis adalah oli yang dibuat dari bahan-bahan kimia yang memiliki sifat aditif. Keunggulan dari oli sintetis adalah kemampuannya dalam mengatasi perubahan suhu. Hal ini sangat baik karena dapat melumasi mesin dengan sempurna dalam kondisi apapun.

Nah, setelah Nissan Lovers paham dengan apa saja yang perlu diperhatikan saat memilih oli mesin, kini saatnya memilih oli yang tepat untuk mobil Nissan March Anda. Untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai cara memilih oli untuk Nissan March, Anda bisa mencari informasinya di buku panduan pemilik atau berkonsultasilah dengan ahlinya di bengkel atau dealer Nissan terdekat di kota Anda. Mari rawat mobil Anda sekarang juga.

 

https://www.nissan.co.id/artikel/artikel-otomotif/tips-memilih-oli-mesin-sesuai-kebutuhan.html

 

Serah Terima Konsumen (Klik Gambar Untuk Perbesar)